Gita Wirjawan: Edward Tirtanata (Kopi Kenangan) // completed.

Actually ini podcast Pak Gita Wirjawan, dan ada beberapa part. Siapa Gita Wirjawan ? Cari sendiri lah. Spoiler: pemain piano handal pokoke. Seperti biasa, abaikan semua timestamp

Link videonya: 
.Part 1 https://www.youtube.com/watch?v=Gi-OhRap7jY

.Part 2 https://www.youtube.com/watch?v=4f-yDojIDiY


23 September 2020

Part 1: Kegagalan Berbuah Kenangan

.Dulu pernah main batubara sama bokapnya.

.Kalo lu mau main komoditas, lu cuma bisa jual $1 lebih mahal dari dumbest competitor lu.

.Akhirnya pindah main CG (consumer goods) -- karena itu adalah sesuatu yang kita bisa kontrol harganya.

.Waktu itu udah booming kopi, tapi doi malah ngerjain teh, jual diangka 35-40k per cup (Lewis & Carroll), tapi kemudian sadar bahwa marketnya kekecilan. 

.Kalo dibawa ke Depok ato Bekasi most likely engga akan jalan, akhirnya ganti konsep.

.Konsep awal Lewis & Carroll kan third-home concept, kaya Starbucks tapi teh. Kopi kenangan adalah kopi tapi affordable. Dia ngeliat ada potensi di market tersebut.

.Kalo misalnya, kita minum kopi 3 cups a day, lets say 40k per cups, sebulan udah 1.2 juta yang mana sepertiga dari minimum wages, jadi kayanya kalo di harga segitu ga masuk deh. Gamungkin orang Indonesia bisa minum kopi di harga segitu setiap hari.

.Doi bikin affordable option: Kopi kenangan.

.Dia engga expert di kopi.

.Dalam bisnis yang penting kita bisa segala hal, dan bisa menguasai (master) the money.

.Kita harus menguasai apapun yang kita lakukan.

.Kita selalu bisa hire someone who wmarter than you in a certain field.

.Kegagalan di masa lalu, membentuk doi sekarang.

.Jeff Bezos: day 1 mentality. Soalnya day-2 adalah permulaan dari kematian. Perusahaan yang udah day-2 mentality (perusahaan gue udah bagus, gausah ditambah apa apa) pasti kalah di long run. Kita harus selalu day-1.

.Bezos mengombinasikan efisiensi pengalokasian human capital dibanding financial capital.

.Chamath Palihapitiya (CEO of Social Capital): dia kritik korporasi AS, udah kumpulin banyak modal, eh malah dipake buat buyback sahamnya instead of R&D or developing something new.

.Ini adalah penggunaan modal yang tidak baik, makanya dia bilang, saya ga akan invest dengan orang yang pake duitnya buat buyback. Bener nanti naek sahamnya, tapi temporarily.

.Tapi Bezos pake duitnya buat produk baru: penggunaan financial capital yang proper. 

.Disruptive mentality.

.Mesin gue mahal, gue harus jual kopi mahal. padahal perlu liat dari volume ordernya.

.Oh kalo gitu, kita jual kopi murah, berarti kita pake susu murah juga. Tapi Kopi Kenangan engga, dia pake susu yang dipake sama kompetitor yang jual kopi 50k dan sengaja di POS dipajang.

.Ada beberapa fase kehidupan doi yang merupakan kegagalan: 2008, 2009, 2010. Kalo ternyata ga ada kegagalan itu, doi bilang Kopi Kenangan ga akan ada. Karena dia ga akan dapet persistent nya. 

.Dia banyak throw away bisnis doi, semua yang dia gabisa liat ini bisa jadi besar, dia gamau lakuin itu.

.Anything you do, you have to start small, think big, and fail fast.

.Time, when you are young, is more valuable than money.


-- 

24 September 2020

Part 2, link di atas.

.Ada pergeseran ke ranah digital. Selalu ada kemungkinan disrupsi. Tapi Kopi Kenangan dibanding coffee shop lain terbilang cukup siap dengan hal ini.

.Kopi kenangan punya engineering team di Beijing, dan kenapa Beijing, karena Indonesia punya engineer bagus juga, tapi undersupply sedangkan sekarang startup lagi gila-gilanya. Graduate engineer di sana banyak banget, sedangkan di Indonesia karena undersupply, malah terjadi talent war dan bidding for salary. 

.Ini merupakan strategi menghadapi prospek disrupsi.

.Strategi kopi kenangan untuk success transfer ini kedepannya adalah bersama founder-founder startup lainnya, mau bikin semacam sekolah/akademi: semacam Apple Academy di Surabaya. Proyek ini harus collab dengan founder lainnya, bukan kopi kenangan sendiri.

.Ternyata Ed sendiri gabisa bikin kopi dan gabisa koding.

.Do something that I dont know how to do, but do it some otherway.

.Allocate human capital

.CapEx (Capital Expenditure) per store itu around 40-50k USD. Baliknya sekitar 4-8 bulan. 

.Di store level udah profit, di corporate level: per Desember, udah double digit percentage EBITDA sesuai audit PwC. 

--EBITDA: earnings before interests, taxes, depreciation, and amortization.

.Fundraising: mau apapun bisnisnya, yang penting math. You never pitch with english, karena english itu open for argument. Tapi angka engga.

.Mencoba growth dari jumlah toko dan revenue per toko.

.Dari 30 orang yang ketemu, yang masuk 7. Yang gajadi masuk, ada yang emang direject oleh kopi kenangan, karena engga ada added value. Dari 7 yang baru ini, semuanya memberikan added value (doi jelasin semuanya).

.Kalo cuma duit doang, banyak. Di dunia itu excess liquidity itu banyak banget -- 100 triliun USD -- banyak duit yang gapunya tuan. Ditambah ada visi2 yang ga diterima.

.Satu tipe lagi, kopi kenangan direject oleh investor: biasanya karena kemahalan.

.You lose some, you gain some. 

.Kalo nanti udah 1000 store and making 100-200 mil USD, yang mana deket banget buat jadi unicorn (terlepas dari matriks penilaian), rasanya gimana sih udah sedeket itu jadi unicorn ? Paranoid positif. Jadi berusaha lebih.

.Andrew Grove (Intel): Success breeds complaency. Complaency breeds failure. Only the paranoid survive.

.Meski kita udah ngerasa growth kita udah banyak, kita harus merasa, oh ini belom apa apa. Harus selalu paranoid, kalau nanti udah jadi unicorn, harus tetep paranoid. 

.Dalam bisnis atau hidup ini, ga ada yang bisa guarantee success yang selamanya, kita harus jadi paranoid. Makanya kita bisa jadi enduring company.

.Kopi kenangan ada rencana IPO: from mantan to IPO and beyond.

.Elon Musk: punya visi dan punya engineering excellence yang hebat banget sampe ide gilanya tercapai

.Bezos: punya ide fila dan terjadi karena good excecution: yang bener-bener out of this world. 

.Ada pemikiran, kalau mau jadi sukses, harus jadi monopoli. Dulu Pak Gita belajar, perfect competition adalah yang terbaik buat siapapun di semua dunia usaha dan tatanan ekonomi. Tapi sekarang anak-anak muda kalau liat Google, search engine nomor 2nya siapa ? ga ada yang tau. Kalau liat amazon, marketplace nomor 2nya siapa ? ga terkenal: paling alibaba.

.Dibenak teman-teman kebentuknya kayanya lebih bagus kalau kita perilakunya monopolistik.

.Is that the right thinking ke depan ? Dan apakah itu akan menjelma dalam konteks kopi kenangan jadi monopoli dalam kopi ?


--

Part 3: 

lanjut tentang monopoli

.ada dua tipe bisnis:
    .bisnis utility: PLN, kalo ada yang bikin PLN 2.0 lebih murah, semua pindah (ga ada loyalitas)
    .bisnis like (?): selama punya brand equity kita ga harus jadi yang termurah, susah dicopy, ga harus jadi zero sum game.

.improve quality, service. kalo orang udah suka (baper), orang bakal susah buat move on.

.tech (?): semakin orang pake app kita, semakin susah orang buat pindah ke brand lain.

.kapan kira-kira kopi keangan IPO ? 2022, cuma kraen covid jadi gatau. ada capaian omzet, ada sekian outlet di beberapa nnegara -- KK mau jadi global brand.

.komoditas Indonesia itu banyak, dan kita jago export commodity, tapi kita ga jago export brand.

.ada kepentingan ga, IPO ini terjadi sebelum/sesudah jadi unicorn? harusnya sesudah. tapi gaada tekanan dari investor. sama sekali ga ada target revenue harus berapa, ga ada target toko, IPO kapan, ada exit close dalam 7 tahun harus exit.

.jadinya lebih ke target pribadi, unicorn, region player, baru IPO. kalo engga size nya ga menarik.

.dulu indonesia jago produksi kopi, sampe taun 70-80 itu kita ngajarin vietnam buat nanem kopi. tapi kenapa sekarang, produksinya kita jauh dibawah negara2 yang dulu kita jarin.

.kita bisa demand push ke supply (hulu), ada ga pikiran kalo KK main ke hulu/hilir yang lebih dalam lagi -- provoke produksi dan produktifitas. 

.interestnya lebih ke hilir, harusnya apa yang dilakuin di hilir, harusnya efek ke hulu. karena kita pake resource dari kopi indonesia, gausah punya kebun sendiri, misal kalo ada hama, kan kosong dong berarti. jadi tetep pake resource banyak, dan kita ambil dari sana. security of supply.

.50 taun lagi 2045, global brand. barus ada di US, UK, 25-30k outlet. sekarang Sbux 32k store. Kenapa targetnya dibawah sbux ? karena sbux franchise, lebih susah. 

.gapercaya sama franchise, maunya semua fully owned. 

.2045: revolusi digital makin maju, contactless order, investasi digital.

.KK paling deket sama apa sih di negara lain ? Sbux. kan dulu CEOnya Howard, sekarang Kevin, bekas orang Microsoft. -- gangerti kopi, dan merasa sbux harus jadi digital : 40% customer udah pake app.

.saran buku: Satya Nadella (microsoft): Empathy.

.2045: apa yang kira-kira game-changing ? adopsi digital, merchant superapp. KK punya hitmap, dimana customer, kita datengin.

.machine learning - lapangan pekerjaan turun. edukasi kedepannya kita perlu educate manusianya jadi seperti apa. 

.Kedepan kita gabisa melatih manual labor job doang, melatih education kita harus revolusi total.

.digitalisasi bisa sangat membantu inklusi keuangan,  akses terhadap modal susah.


--

Comments

Popular posts from this blog

17 Productive Things to do with your Free Time - Zach Highley

Top Courses to Learn Data Science Skills FAST! - Thu Vu @ Youtube

7 Jenis Istirahat - Fellexandro Ruby